February 28, 2024
11 11 11 AM
Carane Nggawe Susu Oat
Sejarah lan Jenis’e Mrico
Keuntungan lan Kegunaan Banyu Mawar kanggo Kaendahan lan Kesehatan
Fungsi Taman Ijo ing Ruang Terbuka
Lima Taman Indah ing Universitas Brawijaya
Keuntungan lan Kegunaan Mrico
Ngerteni Daging Wedhus: Sumber Protein Nutrisi lan Keragaman Kuliner
Gotong royong Nyembelih Kewan Kurban ing Desa
Rasa, Ambune lan Manfaate Teh
Kesenengan Teh: Temokake Macem-macem Rasa lan Aroma
Latest Post
Carane Nggawe Susu Oat Sejarah lan Jenis’e Mrico Keuntungan lan Kegunaan Banyu Mawar kanggo Kaendahan lan Kesehatan Fungsi Taman Ijo ing Ruang Terbuka Lima Taman Indah ing Universitas Brawijaya Keuntungan lan Kegunaan Mrico Ngerteni Daging Wedhus: Sumber Protein Nutrisi lan Keragaman Kuliner Gotong royong Nyembelih Kewan Kurban ing Desa Rasa, Ambune lan Manfaate Teh Kesenengan Teh: Temokake Macem-macem Rasa lan Aroma

Obat Alternativ Untuk Penyakit Bronkhitis, Boleh dicoba Di Rumah

Here are the 9 Most Popular Alternative Medicine in Indonesia ...

Obat Alternativ Bronkhitis sangat banyak tersedia di alam bebas, anda bisa mencari atau membeli bahan-bahanya di Pasar atau toko obat tradisional. Dan tanda-tanda penyakit Bronkhitis yang sering dijumpai di masyarakat biasanya sebagai berikut:

  • Batuk
  • Mula-mula keluar lendir yang kental
  • Kemudian agak cair dan menyerupai nanah
  • Rasa sakit di belakang tulang dada
  • Kadang-kadang terdengar bunyi “grr-grr” ketika bernapas.

Apabila penyakit ini bertambah mendalam dan bertambah parah, maka si sakit menjadi demam dan sesak nafas.

Untuk obat alternativ Bronkhitis simak cara-cara berikut ini:

Baca juga: Pengobatan tradisional yang bersinergi antara tubuh pikiran dan jiwa

1. Jika penyakit tersebut timbul karena selesma, maka si sakit harus beristirahat dengan berbaring, akan tetapi jangan secara terus-menerus. Setiap waktu harus diselingi dengan duduk tegak untuk waktu yang lama supaya nafas kembali lancar, sedangkan bagi anak kecil perlu sebentar-sebentar digendong (didukung). Hawa di dalam kamar sedapat mungkin yang agak panas dan lembab.

2. Dada harus dibalut dengan kain basah, yang kemudian ditutup rapat dengan kain yang tebal dan kering. Kain pembalutnya boleh juga diulas dengan minyak kelapa yang dicampur dengan parutan buah pala.

3. Si sakit hendaknya diberi minuman hangat yang banyak, agar dia dapat mengeluarkan peluh dan dahak (diberi minum teh atau susu panas). Sesudah itu, dia harus memakai selimut yang tebal agar tetap hangat. Apabila si penderita sukar buang air besar, hendaknya diberi obat kastoroli.

4. Si sakit dibuatkan salah satu di antara obat alternativ berikut ini:

Ramuan pertama Obat Alternativ Bronkhitis

  • Daun dan tangkai patikan kerbau. 1 genggam
  • Air 1/2 botol limun

Daun dan tangkai patikan kerbau direbus dalam air tersebut selama 1/4jam.

Air rebusan itu diminum setiap 2 jam sekali 3 sendok makan, sedangkan bagi anak-anak setiap kali minum satu sendok makan Hendaknya menggunakan patikan kerbau yang masih baru dan segar, yakni yang masih banyak mengandung getah

Baca juga: Mengapa harus pengobatan herbal berikut opininya

Ramuan Kedua Obat Alternativ Bronkhitis

  • Daun bayam duri 1 genggam
  • Air 1 cangkir

Daun bayam duri ditumbuk halus kemudian diberi air dan diperas. Air perasan itu dirninum sekaligus (sampai habis); Demikian itu hendaknya diulangi 2 kali dalam sehari.

5. Apabila si sakit mengalami batuk terus-menerus, maka berilah salah satu di antara obat alternativ Bronkhitis di bawah ini;

Ramuan Ketiga

  • Daun po’o (kering) 2 sendok makan
  • Kayu manis cina 1/2 panjang jari
  • Biji adas manis 5 butir
  • Air 2 cangkir

Semua bahan di atas direbus dengan air hingga airnya tersisa setengah, kemudian disaring. Air rebusan itu diminum 3 kali dalam sehari.

Baca juga: Ramuan alami untuk alat pernafasan bagian pertama

Ramuan Ke-empat

  • Umbi bidara upas 100 gram
  • Gula batu 30 gram

Air dan gula batu direbus dijadikan kilang, bidara upas diparut dan dicampur dengan air gula tersebut; setelah itu diremas-remas dan diperas dengan mempergunakan sepotong kain bersih. Air perasan tersebut diminum sekaligus. Demikian hendaknya diulang 3 kail dalam sehari

6. Jika anak-anak batuk maka buatkan obat alternativ Bronkhitis berikut ini:

Ramuan Kelima

  • Bunga belimbing wuluh 1 genggam
  • Biji adas manis 5 butir
  • Gula batu 1 sendok makan
  • Air 1 cangkir

Kesemuanya itu direbus menjadi kilang yang kental, lalu disaring. Rebusan tersebut diminumkan setiap 3 jam sekali 1-2 sendok teh.

Baca juga: Pengobatan alami keraguan dan kebimbangan masyarakat

7. Setiap pagi dan petang, anak itu hendaknya dimandikan dengan air panas. Sesudah itu, siram punggungnya dengan air dingin dan cepat keringkan seluruh badannya dengan handuk. Kemudian, kenakan pakaian yang tebal dan baringkan. Di dekat tempat pembaringan, letakkan sebuah ember terbuka dengan air panas, agar uapnya dapat terisap oleh anak itu ke jalan pernapasan.

Apabila lendir padat dan sukar untuk keluar, maka berilah si sakit ramuan dibawah ini:

Ramuan ke-enam

  • Bawang merah 5biji
  • Jeruk nipis 1buah
  • Air 1 cangkir

Bawang merah ditumbuk halus dan dicampur dengan air lalu disaring; jeruk nipis disayat-sayat lalu airnya diperas dan dicampur dengan air berambang. Ramuan tersebut diminum setiap 3 jam sekali 2 sendok makan.

Selain itu gosoklah seluruh dada, punggung dan leher si sakit dengan air jeruk nipis dicampur dengan sedikit kapur sirih dan minyak kayu putih, kemudian tutuplah rapat-rapat dengan kain.

NB: Semua obat laternativ untuk penyakit Bronkhitis harus didampingi oleh orang yang berpengalaman dan terbiasa menggunakan obat tradisional, agar tidak salah dalam mengolah ramuan serta cara memakainya.

Baca juga: Cara merebus ramuan jamu dan ramuan herbal