Pentingnya Sumber Sayuran dalam Kesehatan Tubuh

Tubuh kita memerlukan berbagai zat dan mineral penting yang sebagian besar dapat ditemukan dalam tanaman sayuran. Namun, sumber sayuran yang kita konsumsi harus menjadi perhatian utama karena tidak semua sayuran yang beredar di pasaran bebas dari pestisida dan aman untuk dikonsumsi.

Sayuran hidroponik

Sayuran Hidroponik sebagai Sumber Gizi Alternatif

Salah satu solusi untuk mendapatkan sayuran yang lebih sehat adalah dengan memilih sayuran hidroponik. Sayuran ini merupakan sayuran yang ditanam menggunakan air yang kaya akan mineral, tanpa melibatkan tanah sebagai media tanamnya.

Perbedaan Utama dengan Metode Konvensional

Tidak seperti metode konvensional yang menggunakan tanah, sayuran hidroponik hanya memerlukan air dengan kandungan mineral untuk tumbuh. Bahkan, air yang digunakan dalam sistem hidroponik ini dapat didaur ulang, sehingga lebih efisien dalam penggunaan sumber daya.

Untuk mendukung pertumbuhan tanaman hidroponik, beberapa komponen penting dibutuhkan, seperti lampu, sistem filtrasi air dan udara, serta alat kontrol iklim. Dengan kombinasi semua elemen ini, tanaman hidroponik dapat berkembang dengan optimal.…

Read more →

Jenis Pohon apa saja yang ditanam di IKN?

Terdapat jutaan jenis pohon di Dunia tapi hanya jenis tertentu yang akan ditanam di Ibu Kota Nusantara. Adapun jenis-jenis pohon yang akan ditanam di IKN bukanlah hasil sembarang pilih. Jenis pohon ini sudah melewati kajian dan penelitian para ahli dari Universitas terkemuka di Indonesia yakni, Institut Pertanian Bogor (IPB). Pohon-pohon ini disesuaikan dengan kondisi geografis di Kalimantan khususnya di IKN dengan kriteria keras, berakar kuat dan langka.

Jenis Pohon di IKN

Jenis-jenis Pohon yang ditanam di IKN

Dikutip dari media sosial instagram resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Minggu (2/6/2024), berikut ini beberapa jenis pohon yang akan dan sudah ditanam di IKN:

  1. Pohon Trembesi
  2. Pohon Tabebuya
  3. Pohon Jacaranda
  4. Pohon Merbau
  5. Pohon Torem
  6. Gandaria
  7. Jemblang
  8. Pohon Eboni
  9. Waru Laut
  10. Eucalyptus
  11. Pohon Keabadian
  12. Pohon Baodab
  13. Pohon Beringin
  14. Pohon Asem Laos
  15. Pohon Mimba
  16. Pohon Anggrit
  17. Flamboyan
  18. Jacaranda
  19. Spathodea
  20. Ki Acret
  21. Pohon Saputangan
  22. Pule
  23. Pohon Kenari
  24. Kerai Payung
  25. Ketapang Laut
  26. Ketapang Kencana
  27. Pohon Cempedak
  28. Pohon Pala
Read more →